Tuesday, November 27, 2012

Arti Kata Lebay

lebay-gambar

Secara sederhana pengertian atau arti kata lebay adalah “berlebihan”. Sebenarnya definisi disini lebih pada kesepakatan bersama. Karena kalau kita cari di kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kita tidak akan menemukannya. (Percayalah, kangmoes sudah membuktikannya :) )

Artinya, kita justru berpeluang lebih besar menemukan arti kata lebay jika kita tanya orang2 “gaul” disekitar kita. Dulu kangmoes sendiri menemukan arti kata lebay dari teman dekat kangmoes.

Meskipun tidak sama, pengertian kata lebay sebagai berlebihan, dapat kita padankan dengan kata hiperbol. Hiperbol ada dalam kamus besar bahasa indonesia dan didefinisikan sebagai ucapan atau kiasan yang dibesar-besarkan yang dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu.

Jika dalam sastra kita menggunakan kalimat-kalimat yang hiperbolis bisa menimbulkan efek positif maka lain halnya dengan kata-kata yang bersifat lebay. Kata-kata yang disifati “lebay” oleh anak-anak muda bisa menimbulkan efek negatif seperti ditertawakan, diejek atau dicemooh.

Tapi diluar itu semua, kangmoes merasa berlebihan juga dengan mencari arti kata lebay di kamus besar bahasa indonesia.


http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/arti-kata-lebay.html

No comments:

Post a Comment